Skip to content

PANDUAN & TIPS

Cara Membersihkan Toilet dengan Coca Cola

Mungkin semua orang pernah mencicipi segarnya minum bersoda yaitu Coca-cola. Namun, siapa yang menyangka? Minuman yang satu ini bukanlah sekadar minuman yang menyegarkan di tenggorokan. Dengan kadar keasaman yang tidak terlalu tinggi, Coca-Cola ternyata dapat dijadikan sebagai cairan pembersih toilet.

Bila anda hendak membersihkan kerak toilet tanoa harus merogoh kocek dalam-dalam? Harga Coca-Cola pun sangat terjangkau. Coca-Cola pun tidak beracun, serta aman sepenuhnya aman bagi kita. Jadi bagi anda yang hendak memanfaatkan zat keasaman Coca Cola guna membersihkan toilet, simak tips berikut ini.

1 Ukur satu atau dua gelas Coca-Cola

Bukalah penutup sebotol atau sekaleng Coca-Cola. Tak usah banyak-banyak guna membersihkan toilet. Sekaleng Coca-Cola dapat berisi sekitar 350 ml; dan itu sudah banyak. Jika Anda mempunyai Coca-Cola berukuran lebih besar, tuangkanlah ke dalam sebuah gelas.

Coca-Cola bisa dimanfaatkan sebagai pembersih sebab kandungan ringan asam karbonat serta fosforik yang ada di dalamnya. Asam-asam tersebut merupakan hasil dari proses karbonasi serta bukan dari zat pemberi rasa yang ada di dalam soda, untuk itu Anda juga dapat memakai Diet Coke sebagai pengganti Coca-Cola biasa. Air soda atau minuman berkarbonasi lainnya juga dapat digunakan, walaupun nanti mungkin berbeda harga.

2 Tuang Coca-Cola ke dalam lubang toilet

Kemudian siram toilet dengan Coca-Cola, siram ke bagian pinggiran lubang toilet. Coca-Cola harus mengalir di atas kerak yang hendak dibersihkan. Coca-Cola akan terlihat seperti meluncur semuanya ke dalam air toilet, tetapi akan ada sedikit yang tertinggal di kerak.

Bagi kerak yang berada di bagian atas dan susah dijangkau, usahakan untuk membasahi kain lap menggunakan Coca-Cola serta bersihkan dengan tangan. Anda juga dapat memakai semprotan bila tidak ingin tangan kotor.

3 Diamkan Coca-Cola

Jika sudah, tunggulah semalaman agar efek dari soda nya bisa membersihkan toilet anda sampai keraknya menghilang. Jangan lupa untuk menutup toilet rapat-rapat agar efeknya tidak terbuang percuma.

4 Siram toilet

Jangan lupa untuk membilas sisa coca cola dengan air hingga bersih, kalau tidak mungkin akan berakibat pada pengeroposan struktur toilet anda. untuk itu siramlah sampai bersih. Anda juga bisa menyiramnya sambil sesekali menyikatnya agar efeknya semakin terlihat.PANDUAN & TIPS

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Kloset/WC

kupastuntas

Aktivitas sehari-hari yang padat bukanlah alasan utama untuk mengabaikan kebersihan toilet, apalagi anda tau bahwa WC merupakan sarang bakteri serta kuman yang dapat menyebabkan dampak buruk terhadap kesehatan penghuni rumah. Usahakanlah untuk merawat serta segera tangani kebersihan kloset secara rutin supaya kerak kapur serta noda tidak sampai menumpuk yang kemudian sulit dibasmi.

Hal yang harus dipersiapkan dalam mengatasi bau tak sedap kloset/wc

Untuk membersihkannya pun anda sebaiknya menyiapkan beberapa alat, seperti :

  • Karbol yang merupakan pembersih toilet. Anda juga dapat menggunakan disinfektan mengandung karbol guna menjadi pengharum toilet juga.
  • Penghilang kerak kapur dan serbuk yang berbahan pembersih yang ampuh, misalnya boraks cocok untuk menghilangkan sampai ke akar noda yang sangat membandel.
  • Sikat toilet berbulu-bulu berbahan plastik akan lebih efektif dibandingkan dengan yang berbahan kawat dan menghindari terjadinya goresan pada permukaan keramik wc toilet.
  • Tisu basah atau lap yang dibaluri cairan pembersih untuk mengelap bagian luar kloset atau wc. Segera buang! untuk menghindari penyebaran kuman semakin meluas, untuk itu, gunakan saja tisu atau lap sekali pakai.

Jangan lupa untuk kenakan pelindung kulit saat berurusan dengan karbol atau produk-produk pembersih toilet yang lain.

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Kloset/WC

Terdapat banyak sekali bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap dari kloset atau wc anda. Beberapa diantaranya adalah bahan kimia yang teruji ampuh untuk menghilangkan aroma tak sedap dari kloset atau wc kamar mandi. Namun, bila ingin lebih aman karena di sekitar masih ada anak-anak yang belum mengerti tentang zat berbahaya, anda pun dapat menggunakan bahan alami penghilang aroma tak sedap wc atau kloset, seperti diantanya :

  • Cuka efektif guna menghilangkan noda dan bau. Anda hanya tinggal menuangkan 3 cangkir cuka ke dalam mangkuk toilet guna menutup seluruh permukaannya sebisa mungkin, kemudian gosok menggunakna sikat WC. Untuk langkah perawatan, 2 cangkir cuka yang segera anda siramkan ke dalam toilet dalam sebulan sekali agar mencegah kerak kapur.
  • Minuman bersoda juga ampuh mengatasi toilet sebab zat asamnya mampu membunuh bakteri serta gelembung-gelembung udaranya dapat meluruhkan kerak kapur. Tuangkan minuman kola di sepanjang pinggiran bagian dalam dan mangkuk toilet kemudian diamkan selama satu jam atau hingga semalaman bila memungkinkan.

Itulah cara menghilangkan bau tak sedap kloset atau wc. Semoga bermanfaat.PANDUAN & TIPS

Cara Memperbaiki Talang Air Boco

Kupastuntas – Tinggal di negara yang beriklim tropis, memang membuat para penduduk yang tinggal di sana mesti bersiap-siap dengan datangnya cuaca yang tidak stabil. Bisa selalu turun hujan dan bisa juga datang kemarau panjang. Dan dari hal tersebut para penduduk pun akhirnya mencari solusi agar rumah mereka tidak mudah mengalami banjir atau kerusakan pada talang air.

Talang air umumnya dipasang di belakang rumah, yakni pada pertemuan genteng dengan posisi yang saling berlawanan, dan adapula yang terletak di samping dan depan rumah. Talang air sendiri dapat dibuat dari beberapa material, misalnya, plastik, fiber, seng alkan, seng biasa, karpet serta talang cor beton. Tidak masalah mempunyai talang asalkan anda mengerti bagaimana cara merawatnya. Dan namun bagaimana bila rumah Anda dihadapkan dengan masalah berupa kebocoran pada talang air? dan inilah tipsnya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cara Memperbaiki Talang Air

  1. Cobalah untuk memeriksanya terlebih dahulu, apa yang menjadi penyebabnya serta apakah material yang terdapat pada talang tersebut, Apabila terbuat dari plastik PVC, seng atau pun karpet kemungkinan kebocoran berasal dari sambungan yang terlepas atau bisa juga daya rekat lem sudah tidak baik lagi. Talang PVC yang berlubang karena telah rapuh, Terdapat pada seng talang juga kemungkinan juga rapuh akibat telah berkarat.
  2. Bila terjadi seperti hal tersebut, Anda wajib mengatasinya sebelum semakin parah. Bila terjadi perlepasan pada sambungan talang PVC, segeralah untuk membuka bagian sambungan, bila kondisi ujung talang yang disambung masih dalam keadaan baik, lem ulang terhadap bagian sambungan menggunakan lem PVC yang berkualitas baik. Dan caranya cukup mudah, yakni dengan membersihkan kedua ujung sambungan menggunakan ampelas sampai bekas sisa lem yang lama menghilang. Kemudian oleskan lagi lem PVC yang baru terhadap kedua ujung sambungan sampai tertutup rapat pada ujung talang, setelah itu rekatkan, tunggu hingga kering dan rekat. Pasang ulang talang air PVC tersebut.
  3. Talang seng atau karpet yang berlubang dapat diakibatkan oleh karat atau sobek, anda dapat menambalnya menggunakan karpet atau seng kecil. Dan caranya juga mudah, yakni dengan menggunting bagian yang berkarat atau sobek, ambilah potongan kecil seng atau karpet sebesar lobang yang berkarat, taruh di tengahnya. Sediakan pelapis anti bocor, usapkan pada bagian sambungan, kemudian lapiskan dengan potongan serat, selanjutnya, oleskan lagi dengan kuas sampai tebal dan rata. Tunggu sampai kering.

PANDUAN & TIPS

Cara Mengatasi Sink yang Mampet Tersumbat

kupastuntas

Terjadinya penyumbatan pada  saluran pembuangan air  sink atau tempat cuci piring merupakan salah satu dari segelitir masalah yang acapkali terjadi di dapur. Kalau sudah begitu, maka yang terjadi adalah tergenangnya Air di sekitar bak sink sehingga tidak dapat mengalir dengan lancar atau mampet dan tersumbat. Hal tersebut disebabkan oleh adanya penumpukan pada sisa makanan maupun lemak yang mengendap di sepanjang saluran pipa. Untuk itu, solusi tercepat untuk mengatasi saluran air yang tersumbat pada kitchen sink antara lain,

Bersihkan Lemak yang Menempel di dalam Saluran Pembuangan Air

Bila anda tidak menggunakan pipa leher angsa pada saluran pembuangan air, Anda pun bisa memakai bubuk penghancur lemak yang biasanya dijual di supermarket.

Selanjutnya, Tuanglah bubuk penghancur lemak tersebut ke dalam saluran pembuangan. Tunggu sampai 20-30 menit supaya lemak serta sisa-sisa kotoran yang terdapat pada pipa bisa hancur.  Kemudian, tuang air ke dalam saluran pembuangan air menggunakan air panas atau mendidih ke dalam saluran sampai bersih.

Bersihkan Saluran Leher Angsa

Untuk masalah yang satu ini, mungkin anda masih bisa mengatasinya sendiri. Bila saluran pembuangan air Anda mempunyai bentuk leher angsa, Anda pun dapat menghilangkan kotoran penyebab mampetnya saluran pada bagian penampungan kotorannya. Cobalah untuk membuka penampungan kotoran kemudian bersihkan kotoran yang terdapat di dalam pipa. Kemudian, semua kotoran dibersihkan, kembalikan pipa tersebut seperti semula, untuk pemasangan pipa airnya, anda bisa membaca panduan : Tips Memasang Pipa Agar Tidak Gampang Bocor

Bersihkan Pipa

Bila cara di atas dirasa masih belum ampuh untuk mengatasi saluran pipa air yang tersumbat. Maka, cobalah ambil kawat kemudian masukan ke dalam saluran pipa air, periksalah apakah anda sesuatu yang tersendat di dalam saluran air tersebut.PANDUAN & TIPS

Tips Memasang Pipa Agar Tidak Gampang Bocor

kupastuntas

Saluran pipa air adalah salah satu aspek terpenting yang cenderung menjadi perhatian utama tehadap tahap awal pembangunan suatu bangunan berupa rumah. Bila proses penyambungan atau pemasangan pipa tidak dilakukan dengan sebaik mungkin, kemungkinan akan mengakibatkan kerusakan atau kebocoran yang pastinya akan sangat mengganggu rutinitas sehari-hari. Bila telah terjadi kebocoran, hal tersebut harus segera diperbaiki supaya tidak menimbulkan kerusakan lain.

Maka dari itu, anda wajib untuk mempunyai saluran air yang kuat, tahan lama serta anti bocor. Dan kali ini terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan pada proses pemasangan atau penyambungan pipa PVC saat menginstalasi saluran air, antara lain :

1. Siapkan peralatan-peralatan berupa ampelas, pipa air PVC, sambungan pipa, lem pipa PVC serta kain bersih.

2. Selanjutnya, ampelas ujung pipa yang henda disambung supaya kotoran yang menempel pada dinding pun menghilang. Pengampelasan ini juga berguna agar ujung pompa bisa lebih kasar serta kesat saat disambungkan. Bagi pipa yang berukuran kecil, hindari mengampelas terlalu lama.

3. Usahakan untuk membersihkan ujung pipa serta bagian dalam pada sambungan pipa menggunakan lap bersih supaya debu serta sisa pengampelasan dapat hilang.

4. Jangan lupa untuk mengoleskan lem pada ujung pipa bagian atas yang hendak disambungkan serta berikan juga lem pada bagian dalam sambungan pipa. Usahakan untuk segera merekatkan kedua pipa itu dengan menekannya sekeras mungkin ke dalam sambungan supaya benar-benar masuk. Pastikan sambungan pipa ini telah kuat.

Tak hanya dalam menerapkan tahapan di atas, jangan lupa untuk selalu memerhatikan juga kualitas material yang digunakan. Dalam menggunakan lem perekat, gunakan lem yang terbukti kuat serta tahan lama. Dan itulah tips memasang pipa agar tidak mudah bocor apalagi rusak, selamat mencoba.PANDUAN & TIPS

Cara Membersihkan Lumur dan Jamur dari Dinding

kupastuntas

Tembok penuh jamur atau lumut dapat membuat rasa tidak nyaman bagi rumah terutama penghuninya. Selain warnanya tidak bagus untuk dilihat, tembok yang berlumut juga mengeluarkan baunya tidak sedap, Lantas lumutnya pun dapat merusak dinding, belum lagi resiko alergi bila sporanya dihirup seorang penderita alergi. Dan menyelesaikan masalah ini menggunakan produk-produk pembersih rumah sebelum semakin kotor rumah merupakan hal yang penting bagi anggota keluarga anda. Tak hanya membersihkan jamur dan lumut, hal yang terpenting selanjutnya yakni mencegah hal tersebut datang lagi.

Memebersihkan jamur dan lumut dari dinding merupakan hal penting. Untuk itu kupastuntas akan memberitahu cara membersihkan hingga mencegah jamur dan lumut dari dinding/tembok rumah atau bangunan di sekitar anda.

Cara Membersihkan Jamur & Lumur dari Dinding

Untuk mencegah hal-hal yang tidak dikehendaki, gunakan sarung tangan berbahan karet, busana berlengan panjang, dan masker penutup. Buka jendela saat melakukan proses pembersihan ini.

  1. Buat larutan pembersih yang terbuat dari campuran karbol dan air—umumnya berkisar takaran 1 bagian karbol serta 3 bagian air. Bila karbol tidak ada, Anda dapat menggunakan deterjen yang mengandung bahan pemutih.
  2. Semprotkan larutan tersebut ke area yang kotor.
  3. Gosok bagian yang kotor menggunakan sikat berbulu yang kaku atau kain berserat yang agak kasar.
  4. Siram hingga bersih lalu diamkan hingga kering.

Bila prosedur tersebut belum juga berhasil, pakai produk-produk khusus untuk membersihkan jamur dan lumut dari dinding. Produk-produk tersebut biasanya telah mengandung zat-zat yang lebih aktif, maka dari itu anda tak perlu lagi mencampur produk lain karena akan berbahaya.

Tips Mencegah Tumbuhnya Jamur dan Lumut pada Dinding

Selanjutnya untuk mencegah jamur atau lumur kembali tumbuh. Ikuti tips berikut :

  1. Gunakan produk-produk khusus seperti penghambat pertumbuhan jamur dan lumut pada dinding. Semprotan larutan tersebut guna mencegah spora jamur kembali tumbuh di dinding. Pikirkan jenis cat dinding bila anda hendak menggantinya, gunakan cat tembok yang berkualitas.
  2. Gunakan alat dehumidifier guna mengurangi lembapnya udara di ruangan yang beresiko tumbuhnya jamur maupun lumut tembok. Alat tersebut dapat menjadi solusi pencegahan terbaik.
  3. Jangan lupa untuk membersihkan talang saluran air. Anda harus memastikan bahwa lapisan talang tidak bocor, perbaikilah bila rusak, dan jangan lupa untuk selalu membersihkan kotoran agar tidak menyumbat aliran air.
  4. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan kamar mandi atau tempat-tempat lembap atau yang berpotensi mengalami pertumbuhan lumut atau jamur.

PANDUAN & TIPS

Cara Mudah Membersihkan Toren Air

Bak yang sehari-hari dipakai untuk menampung air tentu pasti akan mengalami kotor sebab pengaruh cuaca dan lain sebagainya. Maka dari itu wajib bagi anda untuk membersihkannya, demi menjaga kualitas atau kebersihan air yang nantinya akan dikonsumsi. Dan dengan air berkualitas buruk atau kotor juga akan berpengaruh terhadap kesehatan.


1. Bukalah Penutupnya

Buka terlebih dahulu penutup toren, dan perhatikanlah dari segi sensor air atau mesin otomatisnya berhati-hatilah dan jangan sampai tersenggol dan rusak. Umumnya mesin otomatis memiliki pelampung pengatur volume air di dalam toren.

2. Kuras Air pada Toren

Selanjutnya, kuras air pada toren anda hingga kering. Hal ini bertujuan agar selanjutnya anda dapat masuk ke dalam toren tersebut, dan hal ini juga bertujuan agar sedikitnya kotoran pada toren anda bisa hilang.

Namun, Saluran pembuangan air pada di toren tidak berada di bawah sekali. Untuk itu, anda masih perlu menggelindingkan toren sejenak agar air bisa keluar semua

3. Masuk ke dalam toren

Masuk lah ke dalam toren, lalu anda bisa menyikat dinding toren hingga bersih dari kotoran yang menempel. Sikatlah hingga bersih dan menyeluruh. Jangan lupa gunakan sikat dan spons agar kotoran yang licin di dalam sana bisa hilang.
 

4. Buang air bekas bilasan

Sudah selesai, anda bisa membersihkan toren tersebut dengan cara membuang air bekas cucian torennya. Buanglah semua air tersebut hingga kering.

5. Isi dengan air

Bila toren anda sudah kering, maka masukan kembali air yang akan ditampung ke dalam toren.

Itulah cara membersihkan toren air, semoga bermanfaat.PANDUAN & TIPS

Cara Merawat Saluran Pipa Air Agar Tidak Tersumbat

Bila membahas tentang saluran air yang mampet, maka hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Hampir sebagian besar dari reaksi yang dihasilkan dari hal tersebut adalah rasa bingung dan panik. Saluran air yang setiap saat dipakai pada dasarnya berpotensi tersumbat, Seperti yang terjadi pada segelintir saluran air seperti  saluran wastafel, saluran air di kloset WC,  saluran pembuangan air di kamar mandi maupun saluran selokan air yang biasa digunakan untuk pembuangan limbah rumah tangga. Bila hal tersebut terjadi di tempat Anda, Anda tidak perlu panik. Simak penjelasan berikut,

Apabila saluran air jarang dibersihkan, meskipun secara teknis anda berhati-hati dalam membuang segala sesuatunya ke dalam saluran tersebut, hal tersebut tetap akan membuat saluran air anda akan penuh kotoran berupa lumut. Hal tersebut memang terdengar biasa dan selalu dianggap remeh, namun bila hal tersebut terjadi. Maka anda akan tau bahwa seharusnya anda harus tetap merawat saluran air anda dengan cara membersihkan saluran tersebut secara berkala, dan artikel kali ini, Kupas Tuntas akan memberikan informasi terkait perawatan saluran air. Berikut penjelasannya,

  • Usahakan untuk menuangkan air panas guna menghancurkan kotoran yang menumpuk

Bersihkanlah kotoran-kotoran yang terkumpul di pada saluran air, seperti berupa lumut, hingga kotoran berupa endapan lemak yang menempel pada saluran air anda. Anda dapat menggunakan air panas untuk membersihkannya, yakni dengan cara menuangkan air panas tersebut sebanyak 3 kali dalam seminggu.

  • Usahakan untuk mengeluarkan kotoran yang mengendap di saluran

Usai menuangkan air panas ke dalam saluran air pembuangan. Bila perlu, ada baiknya bila anda juga membersihkan saluran air dengan cara mengeluarkan semua endapan yang ada di dalam saluran. Caranya mudah, anda hanya tinggal menyodok menggunakan alat pembersih saluran yang sudah ada di mana-mana lalu menarik-naik alat tersebut hingga kotoran yang mengendap tertarik keluar.

Dan itulah cara merawat saluran air pembuangan agar tidak mampet atau tersumbat. Namun, apabila pipa anda mampet dan anda membutuhkan jasa pipa mampet, jangan ragu untuk segera menghubungi jasa pipa mampet kupas tuntas. Dengan mengandalkan pengalaman para teknisi yang ahli dan mempunyai sertifikat khusus di bidangnya, serta bantuan alat berstandar Internasional yang telah teruji kemampuannya, Kupas Tuntas siap mengatasi segala permasalahan menyangkut instalasi pipa air anda.